7/17/2023

Sosialisasi Pelatihan Abon Ikan Tongkol

Pemanfaatan Sumber Daya Laut Disektor Perikanan Menjadi Produk Olahan Abon Ikan

    Mahasiswa universitas trunojoyo madura kelompok 30 melakukan pengabdian masyarakat di desa Bancamara. Desa Bancamara merupakan desa kepulauan yang mayoritas masyarakatnya berprofesi menjadi nelayan maka dari itu untuk meningkatkan perekonomian serta memanfaatkan hasil pencarian menjadi nilai yg tinggi yaitu dengan menjadikan Ikan di olah menjadi Abon. Abon ikan produk produk olahan hasil yang di buat dari daging ikan, melalui kombinasi proses pengolahan yaitu proses pengukusan, disuir (cincang) dan penggorengan dengan penambahan-bahan pendukung dan bahan penyedap, maka dari itu mahasiswa trunojoyo melalui kkn tematik yang di damping oleh dosen pembimbing Darul Islam, S.E., M.M. melakukan sosialisasi dan pembelajaran mengenai proses pembuatan ikan tongkol menjadi abon dengan mengusung tema pelaksanaan pengabdian masyarakat tentang abon ikan tongkol dilaksanakan di depan rumah kepala desa Bancamara pada tanggal 14 juli 2023 pukul 08.00 A.M/ selesai dengan sasaran kegiatan yaitu ibu rumah tangga. 

         Manfaat abon ikan sendiri yaitu antara lain; Kaya vitamin dan mineral, Berprotein tinggi, meningkatkan nafsu makan, Menjaga kadar elektrolit tubuh, Meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid, Membantu meningkatkan fungsi otak, Kaya akan antioksidan, serta Mengurangi peradangan. Menurut M. Afrizal Dwi Afif selaku koordinator kegiatan mengungkapkan pelaksanaan sosialisasi abon ikan ini didasari oleh pemanfaatan potensial hasil laut di desa Bancamara yakni hasil laut di bidang perikanan. Kondisi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai lahan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat seperti pembuka lapangan kerja / usaha masyarakat desa.


Pelatihan Memasak dengan Ibu PKK


         Kelompok KKN 30 UTM membuat abon dengan alat dan bahan seperti; Ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe kriting, kemiri, daun salam, sereh, penyedap rasa, gula, minyak, dan garam. Alat yang digunakan dandang, wajan, sutil, cobek, dan ulekan. Tahapan memasak abon yaitu: kukus ikan tongkol dengan rentan waktu 40-45 menit kemudian suir ikan tongkol yang telah dikukus. Siapkan bumbu yang digunakan lalu dihaluskan menggunakan cobek dan ditumis hingga matang, selanjutnya masukkan ikan tongkol yang tela disuir halus kedalam tumisan bumbu. Terakhir masak suiran ikan dengan bumbu dan tambah penyedap rasa hingga matang dan kering. 

Dokumentasi setelah acara dengan Hasil Abon Ikan



Previous Post
Next Post

0 Comments: