7/18/2023

Sosialisasi Sistem Aquaponik

Sosialisasi Penerapan Sistem Aquaponik Perpaduan Budidaya Pertanian dan Perikanan sebagai Implementasi Teknologi Tepat Guna

            Kegiatan aquaponik akhir-akhir ini menjadi sistem pertanian yang mulai banyak digunakan oleh para pembudidaya pertanian. Ada banyak hal yang menjadikan aquaponik sebagai pilihan dalam sistem pertanian, salah satunya yaitu karena aquaponik menghasilkan dua macam produk yaitu sayur dan ikan. Hal ini dikarenakan aquaponik merupakan salah satu sistem pertanian berbudidaya dengan perpaduan ikan dan sayuran yang saling terhubung dan memberi manfaat satu sama lain serta sangat bagus untuk diterapkan dikarenakan aquaponik memiliki kelebihan yaitu dapat ditempatkan dibanyak tempat tanpa memerlukan lahan luas.

            Kelompok KKNT 30 trunojoyo madura melakukan pengabdian masyarakat yaitu pelatihan atau sosialisasi tentang sistem Aquaponik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman masjid  dengan sasaran pelatihan yaitu siswa siswi MTs Al-Hidayah pada pukul 09.00/ selesai.  Menurut kordinator aquaponik yaitu wardah masita memaparkan bahwa aquaponik sangat berpotensi di desa bancamara dikarenakan masyarakat bancamara mayoritas mata pencariannya adalah sebagai nelayan dan pertanian sangat minim di desa tersebut.

Pemaparan Materi

            Alat dan bahan yang dibutuhkan ketika menerapkan aquaponik yaitu: drum besar, ikan lele, bibit kangkung, gelas aqua, serta media tanam berupa sekam bakar. Langkah pertama yaitu meletakkan lele dalam drum lalu pada tutup drum dilubangi sebagai tempat gelas aqua bekas, bibit kangkong dengan sekam bakar diletakkan di gelas aqua bekas. Monitoring aquaponik dilakukan agar sistem budidaya terjalankan secara maksimal. Monitoring terdiri dari monitoring makanan lele dan monitoring kebersihan air lele.

Dokumentasi Bersama

 

Previous Post
Next Post

0 Comments: